Festival Musik Jazz Indonesia 2013 Dengan Nasionalisme

15 May 2014 - Kategori Blog

Music jazz festival yang selalu diadakan setiap tahunnya memang banyak mengundang perhatian setiap musisi atau pun masyarakat , setiap kali diadakan festival music jazz selalu menampilkan kolaborasi antara musisi luar dengan musisi local. Namun hal itu dirasa monoton dan tidak ada uniknya lagi, maka dari itu di bawah pimpinan Alba Produksion, kelompok anak-anak muda mengadakan festival music jazz yang berbeda dari sebelumnya, dimana hanya akan diisi oleh musisi-musisi jazz yang berasal dari Indonesia dari era yang berbeda.

Mulai dari Ireng Maulana, Syahrani, Barry Likumahuwa sampai dengan musisi muda seperti grup musik Soulvibe. Yang membedakan dari festival jazz sebelumnya adalah, semua yang mengisi acara adalah musisi asa Indonesia dan tidak ada sama sekali musisi asing di acara ini.

Mengapa demikian, karena festival music jazz ini di adakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2013. Maka dari itu setiap musisi yang mengisi acara tersebut agar memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa dengan cara menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dengan teknik bernyanyi jazz.

Gambar-Festival-Musik-Jazz-Indonesia-2013

Festival kali ini sangat berbeda, karena musisi-musisi yang belum pernah hadir di acara ini akan ikut mengisi acara music jazz festival ini. Contonya Andien adalah seorang  yang didaulat menjadi salah satu pengisi acara. Selain itu perbedaan lainnya adalah dalam penulisan kata jazz yang menggunakan ‘jass’. Ini bukan kesalahan melainkan mereka mengadaptasi dari sebuah grup musik jazz pertama The Original Dixieland Jass yang pertama kali melakukan rekaman musik jazz di tahun 1917.Indonesia Jass Festival akan digelar selama dua hari, yaitu pada hari Jumat-Sabtu tanggal 30-31 Agustus 2013. Akan ada enam panggung dengan 30 musisi jazz Indonesia.

Mengapa hanya musisi Indonesia saja yang mengisi acara festifal music jazz ini, karena ini adalah sebagai penghargaan dalam ulang tahun kemerdekaan republic Indonesia pada tanggal 17 agustus 2013.  Selain itu untuk meningkatkan rasa nasionalisme yang harus tetap ada di setiap  lapisan masyarakat. Karena banyak masyarakat yang kurang tertarik dengan music jazz ini terutama pemuda, maka dengan ini music jazz di kemas dengan tema yang berbeda dari sebelumnya, dengan komposisi aransemen yang menarik agar menciptakan suasana kemerdekaan yang penuh semangat, pastilah festival ini sangat diminati masyarakat Indonesia terutama.

, ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter